Rabu, 01 Februari 2012

Mengenal Sosok Soekarno

Soekarno, siapa yang tak kenal Soekarno? ya beliau adalah presiden Republik Indeonesia yang pertama, beliau lahir pada tanggal 6 juni 1901 di Jawa Timur. Beliau lahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo, namun nama beliau saat berumur 5 tahun diganti oleh ayahandanya menjadi soekarno dikarenakan beliau sering sakit sakitan , pada tahun 1914 beliau lulus sekolah dasar bumi putera di mojokerto kemudian dilanjutkan disekolah dasar Belanda dan beliau memperoleh ijazah calon pegawai negeri rendahan, kemudian beliau melanjutkan pendidikanya di HBS ( Hoogre Burger School ) di Surabaya, Jawa Timur. Beliau lulus pendidikan di HBS pada tahun 1920 lalu beliau pindah ke bandung untuk melanjutkan pendidikannya di THS (technische Hogeeschool) yang sekarang menjadi ITB. Pada 25 mei tahun 1926 beliau berhasil meraih gelar "ir". kemudian beliau pada tahun 1927 mendirikan sebuah partai yakni partai nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan agar Indonesia merdeka. Kemudian pada juli 1930 PNI dibubarkan. Setelah menempuh perjuangan yang panjang akhirnya beliau Memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia bersama bung Hatta pada tanggal 17 agustus 1945.
Soekarno juga berhasil merumuskan pancasila yang kemudian menjadi dasar negara persatuan Republik Indonesia. Beliau berusaha dan memperjuangkan persatuan dan kesatuan di nusantara, bahkan beliau juga berusaha menghimpun bangsa bangsa Asia, Afrika, Amerika latin dengan konferensi Asia Afrika yang kemudian menjadi gerakan non blok.
Kemudian pada tahun 1965 kesehatan beliau mulai menurun, keadaan Soekarno berangsur angsur memburuk dan akhirnya beliau menginggal pada tahun 1970 tepatnya tanggal 21 Juni jam 07.00.
Kita sebagai generasi penerus hendaknya meneruskan perjuangan beliau dengan dimulai dari hal hal kecil dan dari diri sendiri, dengan demikian kita sudah menjalankan / meneruskan cita cita beliau.

"Janganlah melihat apa yang sudah diberikan bangsa untukmu tapi lihatlah apa yang sudah kamu lakukan untuk bangsa Ini..."

Related Posts by Categories

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes